Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan yang digemari di masyarakat umum, itu karena ikan bawal selain mudah dibudidayakan juga cepat pertumbuhannya, itu dikarenakan ikan bawal pemakan daun daunan/sayuran, daging dan pellet.

Budidaya ikan bawal air tawar relatif mudah dilakukan.  Budidaya ikan bawal di Indonesia  mendapat sambutan yang sangat baik dari peternak ikan air tawar dan di minati oleh masyarakat karena rasa nya yang enak dan nikmat.  Ikan bawal merupakan ikan carnivora atau pemakan daging yang memiliki habitat asli disungai Amzon, Brazil dan memiliki bentuk tubuh menyerupai ikan piranha.

Pasar ikan konsumsi tidak hanya di dalam negeri.  Jika anda tertarik untuk memelihara ikan bawal sebagai ikan pilihan  maka memang betul sekali pilihan anda.  Usaha pembesaran dilakukan dengan maksud untuk memperoleh ikan ukuran konsumsi atau ukuran yang disenangi oleh konsumen.

Pemilihan benih mutlak penting, karena hanya dengan benih yang baik ikan akan hidup dan tumbuh dengan baik.  Setelah kita melakukan pemilihan benih, baru dimulai dengan penebaran benih.  Pemilihan benih harus jeli dan teliti.

Penebaran benih baik dilakukan pada pagi atau malam hari dan pada saat benih tiba dari tempat kita beli jangan langsung di tebarkan kedalam kolam karena dapat mengakibatkan stres karena ikan yang masih benih.  Penebaran benih yang baik dilakukan di pagi hari atau malam hari.  Cara penebaran bibit ikan bawal yang baik yaitu sebelum benih ditebar perlu adaptasi, dengan tujuan agar benih ikan tidak dalam kondisi stress saat berada dalam kolam.

Persiapan kolam merupakan awal proses budidaya ikan bawal
Kolam yang sudah siap segera diisi air secara bertahap.  Setelah mencapai tinggi 20 cm saluran air ditutup.  Persiapan kolam ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup.  Awalnya kolam di keringkan sampai tanah dasarnya benar-benar kering.  Persiapan Kolamnya untuk budidaya ikan Bawal Setelah dasar kolam benar benar kering, dasar kolam perlu di beri kapur tohor atau dolomit dengan dosis 25 kg/100 meter persegi.

Air kolam ikan akan mengalami penurunan kualitas yaitu air menjadi kotor akibat sisa makanan dan kotoran ikan.  Kolam air tenang adalah wadah pemeliharaan ikan yang didalamnya terdapat air besifat mengenang

Perawatan di lakukan pada setiap hari setiap kita memberikan pakan ikan kuta wajib mengamati prilaku ikan yang kita di budidaya kendala apa yang ditemukan dan bagai mana cara penangana nya.  Perawatan setiap hari selain memberi pakan, ikan selalu dikontrol kesehatannya di tahap ini hampir sama dengan tahap pendederan.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

 
Top